Rabu, 02 September 2015

Postingan tentang daerah

Provinsi maluku utara baru diresmikan pada 12 Oktober 1999 yang terbentuk berdasarkan UU No. 46 Tahun 1999. Provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari wilayah provinsi Maluku dan menjadi sebuah hal yang harus kita ketahui bersama bagaimana keanekaragaman budaya yang dimilikinya. Letaknya yang menjadikan wilayah ini sebagai surga tropis di Indonesia bagian timur dan dikelilingi oleh laut-laut. Dengan ibukotanya adalah Soffifi. Penduduk Maluku Utara didominasi beragama Islam. Tidak jauh berbeda rumah adat, pakaian serta tarian daerah yang dimiliki provinsi Maluku Utara dengan Maluku. Seperti biasa berikut adalah budayanya:

1.
Rumah Adat Maluku Utara

Rumah adat Maluku Utara hampir sama dengan rumah adat di Maluku yaitu rumaha adat Baileo. Rumah adat Maluku Utara ini digunakan sebagai tempat bermusyawarah bagi masyarakat dan pemuka-pemuka adatnya. Selain itu sebagai tempat upacara adat seniri negeri. Rumha adat Maluku Utara berbentuk rumah panggung dengan bentuknya yang persegi. Terbuat dari kayu sebagai kerangkanya dan gaba-gaba atau semacam tangkai rumbia sebagai dinding rumahnya. Atap rumah adat ini dibuat agak besar dan tinggi dari bahan rumbia. Selain ini dibuat juga beranda atau teras pada bagian depan rumah.
 

2.
Pakaian Adat Maluku Utara

Pakaian adat Maluku Utara pada pria mengenakan kemeja berenda-renda yang dilapisi dengan pakaian luar berupa jas berwarna merah atau hitam dan berlengan panjang. Pada bagian bawahnya memakai celana panjang model cutbray dan dilapisi ikat pinggang.

Sedangkan pakaian adat pada wanitanya memakai baju cele yaitu kebaya pendek bersuji dan berkanji. Dilengkapi dengan perhiasan anting, kalung panjang dan cincin. Bagian bawahnya mengenakan rok.

3.
Tari daerah Maluku Utara

Tari daerah Maluku Utara yaitu Tari Lenso merupakan tari pergaulan bagi seluruh lapisan masyarakat Maluku. Gerak tarian ini lemah lembut dan gemulai, dibawakan oleh satu penari wanita atau lebih.


Tari lenso


4.
Senjata Tradisional Maluku: Senjata Parang-Sawalaku, digunakan pada saat berperang, berburu hewan serta dipakai penari pria pada tarian caklele.
Parang-salawaku

5.
Suku: Beraneka ragam suku yang terdapat di Maluku Utara, yakni Suku Loloda, Tobaru, Sawai, Ternate, Makian Barat, Makian Timur, Pagu, Siboyo, Gane, Ange, Suku Arab dan Eropa dan yang lainnya.

6.
Bahasa Daerah Maluku Utara: yaitu Bahasa Melayu Utara atau Melayu Ternate.

7.
Lagu Daerah Maluku Utara: Lagu Borero dan Moloku Kie Raha.

Makanan khas maluku utara yaitu :

Popeda
Kuliner maluku, ternate
Popeda adalah menu wajib pencinta kuliner maluku, popeda ini dimakan dengan kuah ikan yang disebut dengan kuah soru. sedangkan yang lain disantap dengan sayur lili atau sayur telur terubuk, ikan bakar, fofoki kuah santan, sayur garo (tumus kangkung dan bunga pepaya), pisang, ubi rebus, dan sambal kenari atau kacang.
Selain popeda maluku utara juga punya makanan khas yang sama denga negara jepang, makanan ini disebut denga Gohu Ikan.

Foto: tokyobelly.com


Salah satu hidangan tersohor dari tanah Ternate adalah gohu ikan, yakni sajian ikan tuna mentah dengan kucuran saus yang khas. Penyebutan makanan ini harus lengkap, sebab jika hanya disebut gohu, artinya adalah rujak asinan pepaya muda yang juga sama terkenalnya di Ternate. Karena kemiripannya dengan panganan khas Jepang, sashimi, tak jarang orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.
Gohu ikan Ternate berbahan dasar ikan tuna (yellowfin tuna/thunnus albacares), sementara bila sedang tidak musim tuna, ikan cakalang (skipjack) menjadi pilihan lain. Cara penyajiannya, daging tuna segar (baca: mentah) dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama(kemangi).
Bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah, diikuti dengan taburan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.
Gohu Ikan | Foto dari: cintaresep.wordpress.com
Gohu Ikan | Foto dari: cintaresep.wordpress.com
Selain di Jepang, sajian ikan segar serupa ini ternyata juga dapat dijumpai di sejumah negara lain, seperti Hawaii, Amerika Serikat dan Filipina bagian Selatan. Di Hawaii, sajian mirip gohu ikan Ternate disajikan tanpa cabe rawit maupun kacang goreng. Sementara daun kemanginya diganti dengan wakame alias rumput laut. Sajian ini terkenal di Hawaii dengan nama onopoke.Sementara di Filipina Selatan, sajian serupa gohu populer ini disebut kinilauw. Kinilauw hanya memakai tuna yang dipotong kubus, dilumuri dengan garam, dicampur dengan rajangan kasar bawang merah dan tomat, lalu dikucuri perasan jeruk nipis. Di Ternate, gohu ikan biasa dimakan sebagai lauk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar